Kamis, 26 Mei 2016

Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Bali hanya memiliki empat buah danau, namun daya tarik dari masing - masing danau ini bisa dibilang sangat baik. Empat buah danau ini yakni Danau Buyan, Danau Tamblingan, Danau Beratan dan yang terakhir adalah Danau Batur. Nama Danau Batur ini sendiri berasal dari nama gunung yang ada di sampingnya. Danau Batur terletak tepat di lereng Gunung Batur. Danau Batur ini sendiri merupakan danau terluas yang ada di Bali, letak danau ini terdapat pada ketinggian 1.050 meter diatas permukaan air laut. Air danau ini sangat alami karena berasal dari air hujan dan rembesan air dari hutan yang ada di pegunungan. Luas permukaan danau ini sekitar 16 kilometer persegi dengan kedalaman berfariasi yang berata -rata 50,8 meter.

Pemanfaatan Danau Batur ini tidak sama dengan Danau Tamblingan, namun sama dengan Danau Beratan. Danau Tambling dibatasi dalam hal pemanfaatan sebagai objek wisata dan lebih mengarah ke pemanfaatan alam. Namun pada Danau Berata, pemanfaatannya lebih mengarah pada objek wisata, sama halnya dengan Danau Batur ini. Itu sebabnya di Danau Batur kita dapat mengelilingi danau menggunakan kapal kecil.

Keindahan Danau Batur Kintamani

memancing di danau batur

Danau Batur Kintamani memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Danau Batur ini di kelilingi oleh pegunungan yang diselimuti pepohonan rindang yang memberikan banyak kesejukan, anda bisa melihat secara keseluruhan Danau Batur lewat Desa Penelokan yang berada lebih tinggi dari Danau Batur. Selain itu di Danau Batur ini kita dapat berkeliling menggunakan sampan atau perahu yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Selain dari kita dapat mengelilingi Danau Batur ini menggunakan perahu, kita juga dapat memancing di danau ini bagi anda yang suka memancing. Namun jika anda lupa membawa pancing, disini juga sudah disediakan jasa sewa pancing dengan harga yang cukup murah.

Perahu di danau batur

Keindahan Danau Batur Kintamani akan semakin jelas terlihat ketika kita melihatnya dari atas. Ada banyak restoran dan hotel yang menyediakan tempat dimana kita dapat menyaksikan Danau Batur dari atas. Gemerlap warna biru dari Danau Batur akan semakin melengkapi suasana makan kita bersama keluarga atau teman - teman terdekat. Selain anda dapat menyaksikan Danau Batur dari atas, anda juga dapat menyaksikan megahnya Gunung Batur yang menjulang tinggi.

Danau Batur kintamani

Gunung ini masih aktif dan sempat meletus pada tahun 1917. Namun anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke danau atau Gunung Batur tidak usah risau karena Gunung Batur masih dalam keadaan tenang - tenang saja.

Selain dari pada pemanfaatan sebagai objek wisata, Danau Batur juga dimanfaatkan sebagai sumber keanekaragaman hayati berbagai biota darat maupun air. Ada berbagai macam ikan yang tumbuh di biota air Danau Batur ini, itulah sebabnya anda bisa memancing di danau ini sepuas hati anda. Di sebelah barat dari danau ini ada sebuah desa tertua di Bali yaitu Desa Trunyan. Desa Trunyan ini terkenal dengan keunikannya dalam ritual pemakaman orang yang meninggal.

Akomodasi Ke Danau Batur Kintamani

Danau Batur berlokasi di Kintamani, jika anda dari pusat kota Singaraja langsung menuju ke Danau Batur ini anda akan melewati jalan Gunung Batur melewati Desa Kubutambahan. Dari Singaraja kira - kira anda akan menempuh jarak sekitar 58 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Dan jika anda dari berwisata di Pantai Lovina maka akan menempuh jarak sekitar 71 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun jika anda dari Kota Denpasar maka akan menempuh jarak 64 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.


Source:
http://wisatabaliutara.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar